Kuau Raja

kuau raja si burung raksasa
kuau raja si burung raksasa

Kuau Raja si Burung Raksasa Seratus Mata

Sesuai namanya, burung kuau raja tergolong burung yang berukuran besar teman-teman pantas kalau dijuluki burung raksasa. Berat burung raksasa ini mampu mencapai 10 kilogram lebih lho! Dan Tinggi dari burung jantan dewasa bisa mencapai ukuran 2 meter, dari kepala sampai ekor. Sedangkan burung betina hanya 60-70cm, karena ekor burung betina lebih pendek.
Nama “Kuau” diambil dari suaranya yang terdengar seperti “kuwau” berulang-ulang. Suaranya sangat keras dan meledak-ledak. Berulang 15-30 detik. Dalam bahasa Inggris Kuau Raja ini  dinamakan Great Argus. Sedangkan nama latinnya adalah Argusianus argus. Burung raksasa ini hidup di hutan pulau Sumatera dan Kalimantan.
Kuau Raja memiliki bulu berwarna kecoklatan denan bundaran-bundaran berwarna cerah dan berbintik-bintik keabu-abuan. Pada burung jantan, kulit di sekitar kepala dan leher tidak ditumbuhi bulu dan berwarna kebiruan, sedangkan burung betina memiliki jambul yang lembut. Paruh berwarna kuning pucat dan sekitar lubang hidung berwarna kehitaman,  bulatan matanya berwarna merah, sedangkan warna kaki kemerahan.
Yang unik dari burung raksasa ini adalah bulu ekornya yang bermotif bundaran-bundaran menyerupai mata berwarna cerah. Jika ekor dikembangkan, maka akan terlihat seperti ratusan mata yang terbuka. Karenanya burung raksasa ini juga dijuluki “Burung seratus mata”. Ciri lain dari burung raksasa ini adalah 2 helai bulu ekor yang panjang bisa sampai 1 meter.
Karena ukurannya yang besar,  si burung raksasa ini tidak dapat terbang jauh, namun dia mampu berlari dengan cepat dan melompat ke dahan-dahan pohon. Penciuman dan pendengarannya sangat tajam, sehingga sukar untuk ditangkap. Makanan si burung raksasa ini terdiri dari buah-buahan yang jatuh, biji-bijian, siput, semut, dan berabagai jenis serangga lainnya. Sayangnya burung raksasa yang unik ini terancam punah, karena kerusakan hutan dan perburuan oleh manusia.

0 Komentar untuk "Kuau Raja"

Back To Top