Tahukah Kamu! Asal-usul sepeda motor

Asal-usul sepeda motor
Asal-usul sepeda motor



Tahukah Kamu, Asal-usul sepeda motor?

Teman-teman pernah naik sepeda motor, kan?
Bukan mengendarai lho yatapi membonceng. Ingat anak kecil belum boleh mengendarai sepeda motor sendiri, lho!

Tahukah kamusepeda motor pertama kali dibuat pada tahun 1885. Pembuatnya adalah Gottlieb Daimler dan Wilhelm Mayback, dua ahli mesin Jerman. Mereka berdua mencoba memasang mesin pada sebuah sepeda kayu. Mesin diletakkan di antara roda depan dan belakang. Seutas rantai dihubungkan dengan roda belakang sebagai penggerak.
Sepeda kayu bermesin itu diberi nama Reitwagen (RIding Car). Sepeda ini mampu melaju dengan kecepatan 12 kilometer per jam lho! Namun, Reitwagen belum diproduksi untuk dijual.
Tahun 1893, sepeda motor mulai dijual untuk umum. Pembuatnya adalah Hildebrand dan Wolfmuller, pabrik sepeda motor di Muchen, Jerman. Sepeda motor ini tidak menggunakan rantai. Roda belakang digerakkan langsung oleh kruk as (crankshaft).
Dan, sepeda motor inilah yang pertama masuk ke indonesia. Adalah John C Potter masinis pertama pabrik gula Oemboel, Probolinggo, Jawa Timur, pada tahun 1893 memesan sepeda motor itu langsung ke pabriknya di Munchen.
Istilah Motorcycle (sepeda motor) muncul pada tahun 1895, ketika EJ Pennington dari Milwaukee, Amerika Serikat, mendemonstrasikan sepeda motor hasil rancangannya.
Setelah it, banyak industri yang berusaha mengembangkan sepeda motor dengan berbagai jenis. Ada Harlay Davidson di Amerika Serikat, Piaggio dan Ducati di Italia, BMW di Jerman, hingga Honda, Yamaha, dan Suzuki di Jepang.
0 Komentar untuk "Tahukah Kamu! Asal-usul sepeda motor"

Back To Top