tanaman tapak dara tanaman tapak dara

tanaman tapak dara
tanaman tapak dara

Tanaman Tapak Dara

Bunganya berwarna indah. Karena itulah, tanaman ini dijadikan tanaman hias. Tanaman ini juga mudah tumbuh lho teman-teman dan juga mudah perawatannya. Tanaman apa coba? Yup tanaman Tapak Dara.

Tapak Dara adalah tanaman yang tergolong tanaman perdu. Tingginya antara 20cm hingga 1 meter saja. Batangnya tumbuh tegak, berkayu dan mempunyai cabang yang banyak.

Daunnya berbentuk bulat telur dan berwarna hijau,  tersusun menyirip berselingan. Panjang daunnya sekitar 2-6 centimeter saja dan lebarnya 1-3 centimeter. Tangkai daunnya sangat pendek. Jika daunnya dipetik maka akan keluar getah yang berwarnaputih.
Bunga Tapak Dara tumbuh dari ketiak daun. Mahkota bunga tapak dara berbentuk terompet dengan ujung melebat. Permukaannya berbulu halus. Bunga tapak dara ini mempunyai macam-macam warna ada yang berwarna putih, biru, merah jambu, ada juga yang ungu tergantung jenisnya. Asalkan bunga tapak dara ini dirawat dengan baik maka tapak dara akan berbunga di sepanjang tahun. Jadi kita bisa menikmati keindahan bunga tapak dara ini terus-menerus.
Tapak dara ini mempunyai buah juga lho teman-teman. Buahnya berbentuk silinder, dan mempunyai ujung  yang lancip antara 1,5-2,5 centimeter. Dan di dalam buahnya terdapat banyak biji, dari biji-biji inilah yang digunakan sebagai benih tanaman tapak dara.
Tapak dara memiliki nama ilmiah Catharanthus roseus. Nama lain dari tapak dara ini adalah sindapor(Sulawesi), kembang tembaga(bahasa Sunda), kembang tapak dara(Jawa). Selain ada di Indonesia bunga ini juga ada di luar negeri lho! Seperti di China tapak dara dikenal dengan nama Chang Chun Hua, di Inggris dikenal sebagai rose periwinkle, dan di Belanda sebagai soldaten bloem.
Tanaman tapak dara ini selain berfungsi sebagai tanaman hias, tanaman ini juga memiliki berbagai kegunaan lho! Tapak dara dapat digunakan sebagai anti kanker, menurunkan tekanan darah, obat penenang, menghentikan pendarahan hingga meperlancar buang air kecil.



1 Komentar untuk "tanaman tapak dara tanaman tapak dara"

wihh nice info
kunjung balik, di web kami banyak penawaran dan tips tentang kesehatan
Ada artikel menarik tentang obat tradisional yang mampu menyembuhkan penyakit berat, cek yuk|
| http://bit.ly/2KF5PhV |
| http://bit.ly/2IsKafG |
| http://bit.ly/2rTjt9J |

Back To Top