Membedakan Telur Mentah atau Matang?

Telur mentah atau matang ya... teman-teman semua tahu tidak cara membedakannya?
Pinter kalau sudah tahu, bagi teman-teman yang belum tahu, teman-teman bisa mencobanya ini di rumah, Yuk kita coba!

Membedakan Telur Mentah atau Matang
Membedakan Telur Mentah atau Matang



Ambil dua butir telur. Satu telur yang masih mentah dan satu lagi telur yang sudah matang. Secara bergantian, putar telur tersebut di atas tempat yang datar. Teman-teman bisa mencobanya di lantai, maupun di meja. Lihatlah putarannya,. Telur yang berputar stabil, itulah telur yang sudah matang. Sedangkan telur yang putarannya tidak stabil dan bergoyang-goyang itulah telur yang masih mentah.

Membedakan Telur Mentah atau Matang mengenalfloradanfauna.blogspot.com
Membedakan Telur Mentah atau Matang
Lalu, sentuh masing-masing telur tersebut dengan jari. Telur yang matang akan segeraberhenti berputar, sedangkan telur yang mentah akan melanjutkan putarannya, meskipun tidak stabil.

Mengapa?
Beda telur mentah dengan telur matang adalah isinya. Telur mentah berisi cairan, sedangkan telur yang sudah matang berisi padatan. Telur matang berisi padatan. antara cangkang dan isinya telah menyatu, sehingga saat diputar telur akan stabil sama seperti saat teman-teman memutar batu. 

Sedangkan telur yang masih mentah berisi cairan. Cairan berupa kuning telur dan putih telur ikut bergerak saat telurdiputar. Gerakan putih telur dan kuning telur di dalam cangkang itulah yang menyebabkan telur mentah bergerak tidak stabil. Bahkan ketika disentuh, telur akan terus bergerak. Dalam istilah fisika, gerakan telur mentah ini disebut inersia atau kelebaman.

Membedakan Telur Mentah atau Matang
Membedakan Telur Mentah atau Matang
Inersia atau kelebaman adalah keadaan benda untuk menolak perubahan dalam geraknya. Contoh mudahnya adalah, ketika teman-teman naik mobil dan tiba-tiba di rem mendadak maka teman-teman akan terdorong ke depan. Si mobil ingin berhenti, tetapi tubuh teman-teman ingin terus maju. jadilah, teman-teman merasa terdorong ke depan.


Oleh: Adzkia April 2015 
Tag : tahukah kamu
0 Komentar untuk "Membedakan Telur Mentah atau Matang?"

Back To Top