Sejarah "Slender " Penggilas Jalan road rollers

Kata "Slender" mungkin sudah tidak asing lagi bagi teman-teman, yup yang kita kenal dengan "slender" adalah mesin penggilas jalan atau road rollers. Mesin penggilas jalan ini berguna untuk memadatkan tanah, kerikil, atau aspaldlam pembuatan jalan. Awalnya, road rollers digunakan untuk meratakan lahan pertanian. Mesin roller ditarik oleh kuda atau lembu.

Mesin Penggilas Jalan
Mesin Penggilas Jalan
Pada abad ke -19, seiring dengan dikembangkannya kendaraan, manusia mulai membangun jalan raya. Agar dapat dilewati kendaraan, maka jalan haruslah keras dan halus. Digunakanlah mesin roller untuk mengeraskan jalan. Namun, roller yang ditarik oleh lembu atau kuda sangat sulit dikendalikan. Lagipula, bobotnya terlalu ringan dan tidak cukup kuat untuk mengeraskan jalan. Maka dibuatlah mesin road rollers.


Roller bermesin pertama adalah roller uap (Steam Roller). Roller uap diciptakan pertama kali oleh seorang Perancis, Louis Lemoine, pada tahun 1859. Dengan penemuan Roller ini, pembuatan jalan semakin mudah. Seiring perkembangan mesin, Roller pun ikut erkembang. Mesin uap diganti dengan mesin motor berbahan bakar minyak. 


Roller bertenaga diesel pertama kali dibuat pada tahun 1911 oleh perusahaan Hamm AG. hingga sekarang, mesin Roller telah digunakan di seluruh dunia.
0 Komentar untuk "Sejarah "Slender " Penggilas Jalan road rollers"

Back To Top