Wijen Si Kecil Penghasil Minyak Nabati

Wijen adalah biji yang dihasilakan tanaman wijen. Tanaman wijen dalam bahasa latinnya Sesamum Indicum tergolong tanaman semak pendek. Tingginya antara 60 hingga 120 centimeter. Namun, ada juga yang mampu tumbuh hingga 3 meter. Akarnya berupa akar tunggang dengan banyak akar cabang. 

Tanaman Wijen Penghasil Minyak Nabati
Tanaman Wijen Penghasil Minyak Nabati
Bentuk daunnya menyerupai lidah memanjang, bunga tumbuh dari ketiak daun, kelopak berwarna merah muda, putih, kuning, atau biru violet. Dari bunga tumbuh 4-5 benang sari. Bakal buah terbagi menjadi dua ruang, lalu terbagi lagi menjadi dua, membentuk polong.

Dari polong-polog inilah biji-biji wijen dihasilkan. Bijinya kecil, berwarna putih, kuning, coklat, merah muda, atau hitam. Biji yang sudah kering dapat dipanen dan diolah untuk dikonsumsi. Satu tanaman wijen dapat menghasilkan 40 hingga 4000 polong.
Tanaman Wijen Penghasil Minyak Nabati
Tanaman Wijen Penghasil Minyak Nabati

Tanaman wijen sudah sejak lama dimanfaatkan oleh manusia. Bagian utama yang dimanfaatkan adalah bijinya. Biji wijen diolah untuk diambil minyaknya. Minyak wijen digunakan dalam industri makanan, kosmetik, farmasi, dan lain-lain. Selain itu biji wijen juga dimanfaatkan sebagai bahan tambahan makanan.
Tag : tanaman obat
0 Komentar untuk "Wijen Si Kecil Penghasil Minyak Nabati"

Back To Top