Pohon Kendal dan Manfaatnya


Di Indonesia tanaman kendal memiliki beberapa nama lho, seperti di Sumatera Barat tanaman kendal disebut juga Nunang, Kai Nunak Tatasinunang di Timor, Totelo di Halmahera, Lantolo di Gorontalo, dan Cena di Bugis. Sedangkan di luar negeri dikenal dengan fragnant manjack, glue berry, bird lime tree, Indian cherry di Inggris, dan gunda di India.
Pohon Kendal
Buah Kendal
Di Jawa Tengah, ada kota bernama Kendal. Dan Ternyata ada juga lho teman-teman tanaman yang bernama "KENDAL".

Tanaman kendal (cordia dichotoma) adalah tanaman asli wilayah Asia. Tumbuh menyebar dari China, Jepang, Asia Tenggara, termasuk juga Indonesia.
Pohon Kendal tergolong tanaman perdu. Batangnya pendek. Cabang-cabangnya menyebar. Kulit batangnya berwarna coklat dan pucat keriput. Daunnya berseling-seling, berbentuk lonjong hingga bulat telur, dan berwarna hijau. Ujung daunnya meruncing dengan tepi agak berombak.
Bunganya berwarna putih kekuningan. Tumbuh dari ketiak daun, sedangkan buahnya berbentuk bulat kecil dan bergerombol. Berwarna putih kekuningan hingga orange. buat yang matang berwarna merah muda.
Meskipun kurang dikenal, tapi tanaman Kendal dapat dimanfaatkan juga lho! Kulitnya dapat dijadikan obat penyakit kulit, air rebusan kulitnya dapat dipakai untuk obat demam dan sakit kepala. Tumbukan daunnya dapat dijadikan obat anti radang dan kompres, sedangkan buahnya dapat dijadikan obat batuk dan sesak nafas.
1 Komentar untuk "Pohon Kendal dan Manfaatnya"


wihh nice info, saya pengunjung setia web anda
kunjung balik, di web kami banyak penawaran dan tips tentang kesehatan
Ada artikel menarik tentang obat tradisional yang mampu menyembuhkan penyakit berat, cek yuk
http://goldengamat.biz/obat-tradisional-impetigo/

Back To Top